Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

➧KEDUTAN MATA (Arti Kedutan Ujung Mata, Bola Mata dan Tempat Keluarnya Air Mata Kiri & Kanan)

Firasat Mimpi - Kedutan adalah tanda alami yang sering dialami manusia, yaitu berupa syaraf yang berkedut-kedut (bergerak) dibagian tubuh tertentu, seperti kedutan di mata, kelopak mata, alis, bibir, dahi dan bagian butuh lainnya. Ada yang mengatakan bahwa kedutan adalah tanda bahwa syaraf-syaraf dalam tubuh mengalami kelelahan sehingga bergerak-gerak sendiri. Namun banyak pula yang mempercayai bahwa kedutan adalah sebuah "pertanda" akan datangnya sesuatu hal pada orang yang mengalaminya.
Tenderness is a natural sign that is often experienced by humans, namely in the form of nerves that twitch (move) in certain body parts, such as twitches in the eyes, eyelids, eyebrows, lips, forehead and other needy parts. Some say that twitches are a sign that the nerves in the body are so tired that they move themselves. Yet many believe that a twitch is a "sign" of something coming to the person who experiences it.

Salah satu literatur yang mengupas tentang kedutan secara rinci adalah Primbon Jawa, di sana disebutkan bahwa bila seseorang mengalami syaraf yang berkedut-kedut (bergerak) itu adalah bentuk "komunikasi" tubuh kepada pemilik tubuh. Dan tanda itu bisa berupa hal-hal yang baik, atau pun sebaliknya. Lalu apa kira-kira makna kedutan di sekitar bagian mata seseorang? Silahkan simak uraiannya dibawah ini.
One of the literature that explores about the twitch in detail is the Javanese Primbon, where it is mentioned that when a person experiences a nerve that twitches (moves) it is a form of "communication" of the body to the owner of the body. And the marks can be good things, or vice versa. Then what is the meaning of twitch around the eye of a person? Please see the description below.
1. Arti Kedutan Ujung Mata Kanan
Menurut primbon jawa, jika ujung mata (pepadon) sebelah kanan mengalami kedutan itu adalah isyarat yang baik, karena orang yang mengalaminya akan melihat (bertemu) dengang orang yang dicintainya (kekasih).
According to Javanese primbon, if the right eye (pepadon) is experiencing a twitch it is a good gesture, because the person experiencing it will see (meet) with the person he loves.
2. Arti Kedutan Ujung Mata Kiri
Orang-orang jaman dahulu mempercayai bahwa kedutan di pepadon (ujung mata) kiri adalah pertanda yang kurang baik, karena konon orang yang mendapat kedutan tersebut akan mendapatkan kesusahan.
Ancient people believed that the twitch in the left pepadon was a bad sign, because it was said that the person receiving the twitches would get into trouble.
3. Arti Kedutan Bola Mata Kanan
Kedutan di bola mata atau yang dalam istilah jawa dikenal dengan sebutan 'wrijilan' bila terjadi di mata sebelah kanan maka artinya orang yang mengalami kedutan akan menangis karena ada yang meninggal.
Twitch in the eyeball or in Javanese term known as 'wrijilan' if it occurs in the right eye then it means that people who experience a twitch will cry because someone died.
4. Arti Kedutan Bola Mata Kiri
Wrijilan (bola mata) kiri mengalami kedutan, menurut primbon ini memiliki makna yang biasa saja, dan konon itu adalah firasat orang yang mengalami kedutan akan bertemu orang baru (seseorang yang sebelumnya tidak dikenal olehnya).
Wrijilan (eyeball) left experiencing a twitch, according to this primbon has a normal meaning, and it is said that the premonition of a person experiencing a twitch will meet a new person (someone previously unknown to him).
5. Arti Kedutan Tempat Keluarnya Air Mata Kanan
Bila tempat keluarnya air mata (tadahluh -bahasa jawa) sebelah kanan mengalami kedutan ini adalah pertanda bahwa orang yang mengalaminya akan menangis.
When the place of tears (tadahluh-langasa Java) to the right experiencing this twitch is a sign that people who experience it will cry.
6. Arti Kedutan Tempat Keluarnya Air Mata Sebelah Kiri
Ini adalah pertanda yang baik, karena primbon jawa menyebutkan bahwa orang yang mengalami kedutan ini adalah pertanda bahwa dirinya akan segera keluar dari penderitaan.
This is a good sign, because Javanese primbon mentions that the person experiencing this twitch is a sign that he will soon be out of misery.

ARTIKEL PILIHAN PEMBACA :
Memuat...

Demikian pembahasan tentang ➧KEDUTAN MATA (Arti Kedutan Ujung Mata, Bola Mata dan Tempat Keluarnya Air Mata Kiri & Kanan). Semoga saja dapat menjawab rasa penasaran Anda. Tak lupa kami ucapkan terima kasih untuk Anda semuanya yang mau menyempatkan waktu mampir di situs Firasat Mimpi. Salam hangat dari kami dan sampai ketemu di artikel selanjutnya.

Post a Comment for "➧KEDUTAN MATA (Arti Kedutan Ujung Mata, Bola Mata dan Tempat Keluarnya Air Mata Kiri & Kanan)"