Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

➧MIMPI JENGGOT (Menurut Tafsir Islam) BAG-II

Firasat Mimpi - Mimpi yang dianggap sebagai kembang tidur ternyata mempunyai beragam tafsir dan arti lho sobat. Percaya atau tidak, itu tergantung dari penilaian orang dan pribadi diri kita sendiri yakni orang yang mengalami mimpi tersebut.
Arti mimpi itu sendiri juga berbagai macam. Apa yang kita alami saat mimpi ternyata mempunyai arti-arti tersendiri yang menyimpan misteri. Kembali lagi pada diri kita untuk percaya atau tidak
Dreams are considered as a sleeping flower turned out to have a variety of tafseer and meaning lho buddy. Believe it or not, it depends on the judgment of the person and the person we are, the person experiencing the dream.
The meaning of the dream itself is also various. What we experience when the dream turns out to have its own meaning that holds the mystery. Back again to us to believe it or not
Mimpi sudah lama dipercaya membawa pesan-pesan mistis yang sanggup memberi haluan besar kepada manusia. Mimpi baik, mimpi buruk hanyalah satu dari triliunan takwil, tafsir, personifikasi makna arti dan refleksi dari realitas. Secara psikologi dan spiritual mimpi berguna untuk menautkan masa silam, hari ini dan esok nanti. Sebab, ketika seseorang bermimpi, sewaktu-waktu sukmanya dapat pergi dan putus dari raga. Tuhan tidak mungkin mentransplantasikan sesuatu yang mubazir dan sia-sia termasuk menciptakan mimpi.
Dreams have long been believed to bring mystical messages capable of giving man great direction. A good dream, a nightmare is only one of trillions of takwil, interpretation, personification of meaning and reflection of reality. Psychologically and spiritually useful dreams to link the past, today and tomorrow. Because, when a person dreams, at any time sukmanya can go and break from the body. God can not transplant anything wasteful and futile including creating dreams.
Sebagai suara nubuwwah di masa depan, mimpi terkadang mengarahkan jalan sejarah suatu bangsa. Mimpi termasuk wilayah pengalaman pribadi, ia merupakan fenomena universal dan memainkan peranan penting dalam pembentukan kebudayaan manusia. Hampir dapat dipastikan, semua orang pernah bermimpi. Sepanjang catatan sejarah manusia, mimpi dan penafsirannya telah mengilhami orang-orang suci dan para nabi, penyair serta raja-raja, maupun para filosof. Namun tidak semua mimpi adalah benar dan otentik.
As a nubuwwah voice in the future, dreams sometimes direct the course of a nation's history. Dreams include areas of personal experience, it is a universal phenomenon and plays an important role in the formation of human culture. Almost certainly, everyone ever dreamed. Throughout the records of human history, his dreams and interpretations have inspired the saints and prophets, poets and kings, as well as philosophers. But not all dreams are true and authentic.


BERIKUT TAFSIR / MAKNA / ARTI MIMPI JENGGOT MENURUT TAFSIR ISLAM BAG-II

Sebagian penafsir mimpi menyatakan bahwa siapa yang bermimpi memiliki jenggot yang panjang dan lebat, itu menandakan bahwa umurnya panjang dan hartanya akan bertambah. Dan dikatakan bahwa mimpi melihat segala sesuatu yang timbul sebelum waktunya adalah pertanda buruk. Seperti: mimpi melihat anak kecil yang berjenggot atau beruban dan mimpi melihat anak kecil laki-laki dan perempuan melakukan perkawinan.
Some dream interpreters claim that whoever dreams of having a long, bushy beard indicates that his long life and wealth will increase. And it is said that the dream of seeing things that arise before time is a bad sign. Such as: the dream of seeing a small, bearded or grayed boy and the dream of seeing young boys and girls marrying.
Demikianlah (takwil) mimpi melihat hal-hal yang terjadi sebelum waktunya, kecuali dalam hal perkataan.
Thus (takwil) dreams see things that happen before the time, except in terms of words.
Hal itu disebabkan bahwa perkataan dalam mimpi melambangkan kebaikan, karena pada dasarnya manusia ialah hewan yang berbicara. Jika seorang anak kecil yang belum baligh bermimpi memiliki jenggot berarti ia akan meninggal dunia sebelum sampai kepada waktu balighnya, karena ia telah sampai dan melewati waktu dimana ia mesti memiliki jenggot. Sedangkan jika umur anak itu tidak jauh dari waktu tumbuhnya jenggot, itu menandakan kalau ia akan hidup sendiri dan bekerja untuk kebutuhan hidupnya.
That is because the word in dreams represents goodness, because basically humans are animals that speak. If a young child who has not baligh dreamed of having a beard means he will pass away before reaching his baligh time, as he has reached and passed the time where he must have a beard. Whereas if the child's age is not far from the time of the growth of the beard, it signifies that he will live alone and work for the needs of his life.
Diriwayatkan bahwa seorang pria datang kepada Ibnu Sirin dan berkata, "Aku bermimpi seolah-olah jenggotku memanjang sedangkan jambangku tidak."
It is narrated that a man came to Ibn Sirin and said, "I dream as if my beard is elongated and my brow is not."
Maka Ibnu Sirin berkata,
"Kamu akan mendapatkan apa yang orang lain tidak bergembira dengannya."
Then Ibn Sirin said,
"You will get what others do not rejoice with."
Jika seseorang bermimpi melihat rambut tumbuh di bawah bibirnya berarti ia selalu menyebut-nyebut dan membangga-banggakan bantuan yang ia berikan dan ia akan hidup di antara masyarakatnya dengan sikap seperti itu. Dan segala sesuatu yang terjadi pada rambut yang tumbuh di bawah bibir disamakan takwilannya dengan apa-apa yang telah disebutkan di atas.
If a person dreams of seeing a hair grow under his lips means he always mentions and boast the help he gives and he will live among his people with that attitude. And everything that happens to the hair that grows beneath the lips is likened to takwilannya with what has been mentioned above.


Barangsiapa bermimpi melihat setengah jenggotnya terpotong, maka ia akan jatuh miskin dan kehilangan kedudukannya.
Whoever dreams of seeing half his beard cut off, then he will fall poor and lose his position.
Jika yang memotong jenggotnya itu seorang anak muda yang tidak di kenal, berarti ia akan jatuh dari kedudukannya karena seorang musuh yang ia kenal, atau yang sama namanya atau yang mukanya agak mirip dengannya.
If the one who cuts his beard is a young man who is not known, then he will fall from his position because an enemy he knows, or the same name or whose face somewhat similar to him.
Sedangkan jika yang memotong jenggotnya itu adalah orang yang sudah tua, berarti kedudukannya akan hilang karena hukuman panjang yang ia jalani.
Whereas if the one who cut off his beard is an old man, then his position will be lost because of the lengthy punishment he went through.
Dan jika ia tidak mengetahui siapa yang memotong setengah jenggotnya, berarti kedudukannya akan hilang di tangan seorang pemimpin yang kuat dan licik tanpa dasar atau sebab apa pun.
And if he does not know who cuts off half his beard, his position will be lost in the hands of a strong and cunning leader with no basis or cause whatsoever.
Barangsiapa bermimpi melihat jenggotnya terpotong, maka harta dan jabatannya akan hilang sebanyak jenggot yang terpangkas.
Whoever dreams of seeing his beard cut off, then his property and his position will be lost as much as a trimmed beard.
Dan siapa bermimpi melihat jenggotnya dicukur habis, berarti ia akan kehilangan muka di antara keluarganya dan mengalami kebangkrutan.
And whoever dreams of seeing his beard shaved, means he will lose face among his family and go bankrupt.
Mimpi memangkas jenggot lebih mudah takwilannya daripada mimpi mencabut jenggot. Namun kadangkala mencabut jenggot dalam mimpi dapat diartikan sebagai perbaikan situasi, asal tidak melukai wajah, tetapi perbaikan itu akan menyulitkannya.
The dream of slashing the beard is easier than the dream of plucking a beard. But sometimes plucking a beard in a dream can be interpreted as an improvement in the situation, provided it does not hurt the face, but it will make it difficult.
Diriwayatkan bahwa seorang lelaki datang kepada Ibnu Sirin lalu berkata,
It is narrated that a man came to Ibn Sirin and said,
"Aku bermimpi seolah-olah menggenggam jenggot pamanku lalu mengguntingnya sampai habis ke akar-akarnya."
"I dreamed as if holding my uncle's beard and cutting it out to the roots."
Maka Ibnu Sirin berkata,
"Sesungguhnya kamu akan memakan warisan pamanmu sebab ia tidak memiliki ahli waris selain kamu. Lalu jika kamu mendapatkan sesuatu dari harta tersebut, kamu akan mewariskan hartamu sebanyak itu pula."
Then Ibn Sirin said,
"Surely you will eat your uncle's inheritance because he has no heir except you, and if you get something from the treasure, you will leave your treasure as much."


Barangsiapa bermimpi melihat jenggotnya berwarna putih bercahaya, maka ia akan mendapatkan kekuasaan, kedudukan, kehormatan, reputasi dan ketenaran di negerinya. Sebab, jenggot Nabi Ibrahim as juga berwarna putih.
Whoever dreams of seeing his beard is glowing white, then he will gain power, position, honor, reputation and fame in his country. For, the beard of Prophet Ibrahim as also white.
Dan jika seseorang bermimpi melihat jenggotnya beruban, maka ia akan mendapatkan pangkat dan kewibawaan.
And if a person dreams of seeing his gray beard, he will gain rank and dignity.
Sedangkan jika jenggotnya berwarna sangat hitam dan lebih bagus dari yang sebenarnya (walaupun sebenarnya jenggotnya juga berwarna hitam), berarti ia akan dianugerahi kewibawaan, kemuliaan dan ketampanan.
Whereas if his beard is very black and nicer than the real one (even though his beard is also black), it means he will be endowed with dignity, glory and good looks.
Adapun jika jenggot yang berwarna hitam itu berubah menjadi putih, tetapi masih ada rambut warna hitam yang tersisa, berarti ia akan mendapatkan kewibawaan.
As for if the black beard is turned white, but there is still black hair left, meaning he will get the authority.
Dan jika semuanya memutih tanpa ada yang tersisa, itu menandakan bahwa ia akan jatuh miskin dan kehilangan jabatan.
And if everything turns white with nothing left, it denotes that he will fall into poverty and lose his job.
Ibnu Sirin juga pernah didatangi seorang pria yang berkata,
"Saya bermimpi seolah-olah memiliki jenggot yang berwarna putih, maka saya memberinya pewarna, tetapi ia tidak mau melekat."
Sedangkan lelaki yang datang kepadanya itu masih muda dan memiliki jenggot yang hitam. Maka Ibnu Sirin berkata,
"Warna putih pada jenggot tersebut menandakan kekurangan pada hartamu, padahal kamu bermaksud menyembunyikannya, tetapi tetap diketahui (orang lain)."
Lalu lelaki itu berkata,
"Kamu memang benar."
Ibn Sirin was also visited by a man who said,
"I dreamed as if I had a white beard, so I gave him a dye, but he did not want to stick."
The man who came to him was young and had a black beard. Then Ibn Sirin said,
"The whiteness of the beard signifies a defect in your treasure, when you intend to hide it, but be known (others)."
Then the man said,
"You are right."
UNTUK MEMBACA YANG SEBELIMNYA KLIK BAG-I


CATATAN / NOTE
Sebahagian dari mimpi yang kita alami mungkin adalah mainan tidur (gangguan syaitan). Bergantung kepada waktu kita tidur dan kebiasaanya mimpi yang benar selalu berlaku apabila keadaan kita tidur dengan nyenyak terutama 1 jam selepas lena tidur sehingga sebelum waktu subuh. Setiap perkara yang berlaku, berserahlah kepada Qada dan Qadar kerana Allah SWT lah yang maha mengetahui.
Some of our dreams may be sleeping toys (satanic disorders). Depending on the time we sleep and the habit of true dreams is always true if we sleep soundly, especially 1 hour after the surrender of sleep so before dawn. Every applicable matter, surrender to Qada and Qadar for Allah Almighty is the all-knowing.

ARTIKEL PILIHAN PEMBACA :
Memuat...

Demikian pembahasan tentang ➧MIMPI JENGGOT (Menurut Tafsir Islam) BAG-II. Semoga saja dapat menjawab rasa penasaran Anda. Tak lupa kami ucapkan terima kasih untuk Anda semuanya yang mau menyempatkan waktu mampir di situs Firasat Mimpi. Salam hangat dari kami dan sampai ketemu di artikel selanjutnya.

Post a Comment for "➧MIMPI JENGGOT (Menurut Tafsir Islam) BAG-II"