Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

➧MIMPI JENGGOT (Menurut Tafsir Islam) BAG-I

Firasat Mimpi - Mimpi yang dianggap sebagai kembang tidur ternyata mempunyai beragam tafsir dan arti lho sobat. Percaya atau tidak, itu tergantung dari penilaian orang dan pribadi diri kita sendiri yakni orang yang mengalami mimpi tersebut.
Arti mimpi itu sendiri juga berbagai macam. Apa yang kita alami saat mimpi ternyata mempunyai arti-arti tersendiri yang menyimpan misteri. Kembali lagi pada diri kita untuk percaya atau tidak
Dreams are considered as a sleeping flower turned out to have a variety of tafseer and meaning lho buddy. Believe it or not, it depends on the judgment of the person and the person we are, the person experiencing the dream.
The meaning of the dream itself is also various. What we experience when the dream turns out to have its own meaning that holds the mystery. Back again to us to believe it or not
Mimpi sudah lama dipercaya membawa pesan-pesan mistis yang sanggup memberi haluan besar kepada manusia. Mimpi baik, mimpi buruk hanyalah satu dari triliunan takwil, tafsir, personifikasi makna arti dan refleksi dari realitas. Secara psikologi dan spiritual mimpi berguna untuk menautkan masa silam, hari ini dan esok nanti. Sebab, ketika seseorang bermimpi, sewaktu-waktu sukmanya dapat pergi dan putus dari raga. Tuhan tidak mungkin mentransplantasikan sesuatu yang mubazir dan sia-sia termasuk menciptakan mimpi.
Dreams have long been believed to bring mystical messages capable of giving man great direction. A good dream, a nightmare is only one of trillions of takwil, interpretation, personification of meaning and reflection of reality. Psychologically and spiritually useful dreams to link the past, today and tomorrow. Because, when a person dreams, at any time sukmanya can go and break from the body. God can not transplant anything wasteful and futile including creating dreams.
Sebagai suara nubuwwah di masa depan, mimpi terkadang mengarahkan jalan sejarah suatu bangsa. Mimpi termasuk wilayah pengalaman pribadi, ia merupakan fenomena universal dan memainkan peranan penting dalam pembentukan kebudayaan manusia. Hampir dapat dipastikan, semua orang pernah bermimpi. Sepanjang catatan sejarah manusia, mimpi dan penafsirannya telah mengilhami orang-orang suci dan para nabi, penyair serta raja-raja, maupun para filosof. Namun tidak semua mimpi adalah benar dan otentik.
As a nubuwwah voice in the future, dreams sometimes direct the course of a nation's history. Dreams include areas of personal experience, it is a universal phenomenon and plays an important role in the formation of human culture. Almost certainly, everyone ever dreamed. Throughout the records of human history, his dreams and interpretations have inspired the saints and prophets, poets and kings, as well as philosophers. But not all dreams are true and authentic.


BERIKUT TAFSIR / MAKNA / ARTI MIMPI JENGGOT MENURUT TAFSIR ISLAM BAG-I

Dalam tafsirannya, jenggot yang berwarna hitam pekat adalah pertanda kemakmuran dan kepuasan hidup. Jenggot yang warna hitam berubah menjadi hijau, berarti orang yang melihat mimpi tersebut akan mendapatkan kerajaan dan harta yang melimpah, tetapi kemudian ia menjadi penguasa yang zalim, karena itu adalah warna jenggot Fir'aun. Sedangkan warna kuning pada jenggot adalah pertanda kemiskinan dan kekurangan. Adapun warna merah adalah pertanda ketakwaan. 
In his commentary, a black beard is a sign of prosperity and life satisfaction. The black beard turns green, meaning that the person who sees the dream will get a kingdom and a rich treasure, but then he becomes a despotic ruler, because that is the color of Fir'awn's beard. While the yellow color on the beard is a sign of poverty and deprivation. The red color is a sign of piety.
Barangsiapa bermimpi melihat jenggotnya memanjang melebihi batas, maka itu menandakan hutang dan kesedihan.
Dan siapa bermimpi melihat jenggotnya memanjang sampai ke tanah, berarti sebentar lagi ia akan meninggal dunia.
Whoever dreams of seeing his beard extend beyond the limit, then it denotes debt and sadness.
And who dreamed of seeing his beard extend to the ground, meaning that soon he will pass away.
Allah SWT berfirman, "Dari bumi [tanah] itulah Kami menjadikan kamu dan kepadanya Kami akan mengembalikan kamu dan daripada-nya Kami akan mengeluarkan kamu pada kali yang lain." (QS. Tha Ha: 55)
Allah (SWT) says, "From the earth [the land] We made you and We will give you back and We will bring you out the next time." (Surah Tha Ha: 55)
Adapun jika mimpi enggotnya memanjang sampai melekat di perut, berarti ia akan memperoleh harta dan kedudukan (yang ia bekerja keras dalam mencapainya) sesuai dengan banyak tidaknya rambut yang melekat di perutnya itu.
As if the enggotnya dream extends to stick in the stomach, meaning he will get the wealth and position (which he works hard in achieving it) in accordance with the many or not the hair attached to his stomach.
Sedangkan Mimpi jenggot yang panjangnya pas serta kelihatan bagus menandakan harta kekayaan, jabatan dan kehidupan yang baik. Dan ada yang menafsir-kan bahwa jenggot yang memanjang sampai ke pusar menandakan bahwa orang yang melihatnya telah melangggar perintah Allah SWT.
While the dream of a long beard fit and looks good signifies wealth, position and a good life. And there is an interpretation that the beard that extends to the navel signifies that the person who saw it has melangggar commands of Allah SWT.
Jika dalam Mimpi yang memanjang itu hanya rambut di pinggiran jenggot dan bukan tengahnya, berarti ia akan memperoleh harta lalu orang lain yang menikmatinya.
If in an elongated Dream it is only the hair on the periphery of the beard and not the middle, it means that he will gain wealth and then others who enjoy it.


Diriwayatkan bahwa seorang lelaki mendatangi Ibnu Sirin dan berkata, Aku bermimpi seolah-olah jenggotku (memanjang) sampai ke pusar lalu aku melihat isi di dalamnya. Kemudian Ibnu Sirin berkata, "Kamu adalah muadzdzin yang suka melihat-lihat ke tingkat rumah para tetangga."
It is narrated that a man came to Ibn Sirin and said, I dream as if my beard (elongated) to the navel and I see the contents in it. Then Ibn Sirin said, "You are a muadzdzin who likes to look around at the neighborhood of the neighbors."
Mimpi melihat anak kecil yang belum baligh memiliki jenggot ditafsirkan bahwa tidak ada kebaikan di dalamnya.
The dream of seeing a child who has not baligh has a beard interpreted that there is no good in it.
Jika seseorang bermimpi menarik jenggot orang lain dengan tangannya, itu menandakan bahwa ia akan mewarisi dan memakan harta orang tersebut.
If someone dreams of pulling another man's beard with his hand, it denotes that he will inherit and eat the person's property.
Adapun kekurangan pada jenggot yang tidak begitu banyak adalah pertanda kemudahan, pelunasan hutang dan kelapangan hidup.
The lack of a beard that is not so much is a sign of convenience, debt repayment and spaciousness of life.
Sedangkan kekurangan yang banyak padanya menandakan kehinaan dan kehilangan harta serta jabatan.
While the lack of a lot of it signifies humiliation and loss of property and position.
Barangsiapa bermimpi melihat seseorang yang tidak lengkap giginya berbicara kepada isterinya, itu menandakan bahwa isterinya akan mengganggunya sesuai banyak gigi yang hilang dan memisahkannya dari segala yang ia sukai. Hal itu dikarenakan bahwa iblis yang terkutuk menggoda siti Hawa dalam bentuk orang yang bergigi tidak lengkap.
Whoever dreams of seeing someone incomplete his teeth talking to his wife, it indicates that his wife will disturb him according to many missing teeth and separate him from everything he likes. It is because that the damned devil tempts Eve in the form of a person with incomplete teeth.


Apabila seseorang bermimpi seakan-akan jenggotnya ditarik oleh orang lain sehingga rambut jenggotnya berserakan di tangan orang itu, lalu ia menggenggam dan tidak membuangnya, itu menandakan bahwa harta bendanya akan habis atau hilang lalu kembali lagi kepadanya.
When a person dreams that his beard is pulled by someone else so that his beard is strewn in the man's hand, then he grasps it and does not throw it away, it denotes that his possessions will run out or disappear and then return to him.
Jika seseorang bermimpi melihat kumisnya bertambah panjang, itu adalah pertanda datang-nya hal yang tidak diinginkan.
If a person dreams of seeing his mustache grow longer, it is a sign of the coming of the unwanted.
Sebaliknya rambut kumis yang memendek menandakan hal yang baik.
Conversely a shortened mustache hair signifies a good thing.
Jika seorang yang kaya bermimpi mencabut rambut kumisnya, berarti ia melakukan pemborosan dalam pengeluaran harta.
If a rich man dreams of plucking his mustache hair, it means he is wasting money.
Sedangkan bagi orang yang miskin, mimpi itu menandakan berkumpulnya dua kesedihan pada dirinya. Dan itu juga menandakan bahwa ia akan meminjam sesuatu dari seseorang, lalu apa yang ia pinjam itu ia pinjamkan lagi kepada orang yang lain.
As for the poor, the dream signifies the gathering of two sorrows on him. And it also signifies that he will borrow something from someone, then what he borrowed it he lends it back to someone else.
Jika seseorang bermimpi mencukur habis jenggotnya, berarti ia akan kehilangan harta dan jabatan.
If a person dreams of shaving his beard, he will lose his wealth and position.
Sedangkan jika ia bermimpi memangkas jenggot yang melebihi genggamannya, berarti ia akan membayarkan zakat hartanya. Dan uban pada jenggot melambangkan pertanda kewibawaan dan kehormatan.
Whereas if he dreams of pruning a beard beyond his grasp, it means he will pay Zakah on his property. And the gray hair on the beard represents a sign of dignity and honor.


Adapun pewarna pada jenggot diartikan sebagai rasa takut dan rasa malu. Jika pewarna tersebut menggunakan pacar atau inai, maka itu menandakan keteguhan dalam berpegang kepada Sunnah dan ajaran Islam.
The dye on the beard is defined as fear and shame. If the dye uses a girlfriend or henna, then it denotes firmness in adhering to the Sunnah and the teachings of Islam.
Barangsiapa bermimpi memberi pewarna pada rambutnya tanpa mengikutkan jenggotnya, itu berarti ia akan senantiasa menjaga rahasia pemimpin atau majikannya.
Whoever dreams of dyeing his hair without including his beard, it means he will always keep the secret of his leader or master.
Sedangkan jika ia bermimpi mewarnai rambut beserta jenggotnya secara keseluruhan, itu menandakan bahwa ia berusaha keras dalam menutupi kemiskinanya dan menggapai kekayaan atau kedudukan di antara manusia.
Whereas if he dreams of dyeing his hair along with his beard as a whole, it denotes that he is striving to cover up his poverty and reach wealth or position among men.
Dan jika rambutnya menerima untuk diberi pewarna berarti kedudukannya akan lepas darinya lalu ia akan bersikap manis dengan berpura-pura puas atau rela dengan apa yang ia alami, tetapi kemudian hal itu terungkap juga.
And if the hair it receives to be dye means its position will be detached from it then it will be nice to pretend to be satisfied or willing with what he experienced, but then it is revealed as well.
Namun jika seseorang bermimpi menggunakan kapur atau lumpur untuk mewarnai rambut dan jenggotnya, berarti ia berusaha mencapai sesuatu yang mustahil dan tidak berguna, serta kabar tentang keadaannya akan menyebar dan diketahui orang banyak.
But if a person dreams of using lime or mud to dye his hair and beard, he is trying to achieve the impossible and useless, and the news of his situation will spread and known to the masses.
Jika seorang perempuan bermimpi memiliki jenggot, berarti ia tidak akan melahirkan anak untuk selamanya.
Ada yang menafsirkan bahwa ia akan ditimpa penyakit.
If a woman dreams of having a beard, it means she will not bear children forever.
Some interpreted that he would be sick.
Dan ada juga yang menafsirkan bahwa itu melambangkan kelebihan harta suami dan kekayaan serta kedudukan anak-nya.
And there is also interpreting that it symbolizes the excess wealth of the husband and the wealth and position of his child.
Dan dikatakan juga bahwa jika wanita itu telah menikah, maka mimpi ini menandakan bahwa suaminya akan menghilang.
And it is said also that if the woman is married, then this dream signifies that her husband will disappear.
Adapun jika ia sedang hamil, itu berarti ia akan melahirkan seorang putra lalu hidupnya pun berakhir.
As for if she is pregnant, it means she will give birth to a son and then her life ends.

>>>BERSAMBUNG KE BAG-II<<<


CATATAN / NOTE
Sebahagian dari mimpi yang kita alami mungkin adalah mainan tidur (gangguan syaitan). Bergantung kepada waktu kita tidur dan kebiasaanya mimpi yang benar selalu berlaku apabila keadaan kita tidur dengan nyenyak terutama 1 jam selepas lena tidur sehingga sebelum waktu subuh. Setiap perkara yang berlaku, berserahlah kepada Qada dan Qadar kerana Allah SWT lah yang maha mengetahui.
Some of our dreams may be sleeping toys (satanic disorders). Depending on the time we sleep and the habit of true dreams is always true if we sleep soundly, especially 1 hour after the surrender of sleep so before dawn. Every applicable matter, surrender to Qada and Qadar for Allah Almighty is the all-knowing.

ARTIKEL PILIHAN PEMBACA :
Memuat...

Demikian pembahasan tentang ➧MIMPI JENGGOT (Menurut Tafsir Islam) BAG-I. Semoga saja dapat menjawab rasa penasaran Anda. Tak lupa kami ucapkan terima kasih untuk Anda semuanya yang mau menyempatkan waktu mampir di situs Firasat Mimpi. Salam hangat dari kami dan sampai ketemu di artikel selanjutnya.

Post a Comment for "➧MIMPI JENGGOT (Menurut Tafsir Islam) BAG-I"