Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

↪MIMPI NABI (Menurut Primbon) BAG-II

Firasat Mimpi - Mimpi yang dianggap sebagai kembang tidur ternyata mempunyai beragam tafsir dan arti lho sobat. Percaya atau tidak, itu tergantung dari penilaian orang dan pribadi diri kita sendiri yakni orang yang mengalami mimpi tersebut.
Arti mimpi itu sendiri juga berbagai macam.
Apa yang kita alami saat mimpi ternyata mempunyai arti-arti tersendiri yang menyimpan misteri.
Kembali lagi pada diri kita untuk percaya atau tidak
Dreams are considered as a sleeping flower turned out to have a variety of tafseer and meaning lho buddy. Believe it or not, it depends on the judgment of the person and the person we are, the person experiencing the dream.
The meaning of the dream itself is also various.
What we experience when the dream turns out to have its own meaning that holds the mystery.
Back again to us to believe it or not
Daripada Abdul Rahman Bin Samurah ra berkata
Nabi Muhammad saw bersabda:
“Sesungguhnya aku telah mengalami mimpi-mimpi yang menakjubkan pada malam aku sebelum di Israqkan……..”
Instead of Abdul Rahman Bin Samurah ra said
The Holy Prophet said:
"Indeed I have experienced amazing dreams on the night I was before in Israqkan ...... .."
Mimpi Bertemu Rasulullah saw
Didalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairoh bahwa Rasulullah saw bersabda
”Barangsiapa yang melihatku disaat tidur maka seakan-akan dia melihatku pada saat terjaga dan setan tidaklah dapat menyerupaiku.” (HR. Bukhori)
Dreams Meet The Messenger of Allah
In a hadith narrated from Abu Hurairoh that the Messenger of Allah said
"Whoever sees me while sleeping as if he sees me in awakening and demons can not be like me." (Narrated by Bukhori)
Juga hadits yang diriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud bahwasanya Rasulullah saw bersabda,
”Barangsiapa yang melihatku disaat tidur maka sungguh dia telah melihatku. Sesungguhnya setan tidak bisa menyerupaiku.” (HR, Tirimidzi, dia berkata ini adalah hadits hasan shahih)
Also the hadith narrated from Abdullah ibn Mas'ud that Rasulullah SAW said,
"Whoever sees me while sleeping then he has indeed seen me. Verily the devil can not be like me. "(HR, Tirimidzi, he said this is the hadith hasan shahih)
Semoga apa yang anda saksikan yaitu melihat Rasulullah saw - walaupun bagian belakang tubuhnya saw - serta shalat bersamanya menjadi tanda keshalehan dan kecintaan anda kepadanya saw sebagaimana yang disebutkan oleh kedua hadits diatas.
Hopefully what you see is seeing the Messenger of Allah (saws) - although the back of his body and the prayer with him become a sign of your piety and love to him as mentioned by the two hadith above.
Al Hafizh Ibnu Hajar menyebutkan bahwa makna dari
“Barangsiapa yang melihatku disaat tidur maka sungguh dia telah melihatku” adalah barangsiapa yang melihatku disaat mimpi maka sungguh dia telah melihatku yang sebenarnya dengan sempurna tanpa adanya keraguan dan kesangsian terhadap apa yang dilihatnya bahkan dia adalah mimpi yang sempurna. Hal ini dikuatkan oleh dua buah hadits dari Abu Qatadah dan Abu Said “maka sungguh dia telah melihat yang sebenarnya” yaitu mimpi yang benar bukan yang batil.
Al Hafiz Ibn Hajar mentioned that the meaning of
"Whoever sees me while sleeping then really he has seen me" is whoever sees me in the dream then he really has seen my real one perfectly without any doubts and doubts about what he sees even he is a perfect dream. This is confirmed by two hadiths from Abu Qatadah and Abu Said "then really he has seen the truth" ie the true dream is not a vanity.
Al Hafizh menambahkan bahwa maksudnya adalah barangsiapa yang melihatku disaat tidur dalam bentuk (rupa) yang bagaimanapun maka hendaklah orang itu bergembira dan mengetahui bahwa dia telah melihat yang sebenarnya dan mimpi itu berasal dari Allah swt dan bukanlah mimpi yang batil karena sesungguhnya setan tidaklah bisa menyerupaiku (Rasulullah saw). (Fathul Bari juz XII hal 453)
Al Hafiz adds that his intention is that whoever sees me while sleeping in the form of any kind then let the person rejoice and know that he has seen the truth and that dream comes from Allah swt and is not a vanity dream because the devil can not really resemble me ( Messenger of Allah). (Fathul Bari juz XII p 453)
Ibnul Baqilani mengatakan bahwa makna “Sungguh dia telah melihatku” adalah mimpi orang itu benar dan bukanlah mimpi kosong atau penyerupaan dari setan. Hal ini dikuatkan dengan riwayat lain “Sungguh dia telah melihat yang sebenarnya” yaitu mimpi yang benar.
Ibn al Baqilani said that the meaning of "Really he has seen me" is a man's dream is true and not an empty dream or the likeness of the devil. This is corroborated by another narrative "Really he has seen the truth" that is the true dream.
Al Qodhi mengatakan bahwa ada kemungkinan sabda Rasulullah saw  “sungguh dia telah melihatku” atau “sungguh dia telah melihat yang sebenarnya karena setan tidaklah bisa menyerupai rupaku” maksudnya adalah jika orang itu melihatnya saw dengan sifatnya yang telah dikenal selama hidupnya saw. Akan tetapi jika orang itu melihat dalam bentuk yang sebaliknya maka mimpinya itu adalah ta’wil (yang masih perlu diteliti kebenarannya) bukan mimpi hakekat (sebenarnya), dan apa yang dikatakan oleh al Qodhi ini - menurut Nawawi - adalah lemah. Akan tetapi yang benar adalah bahwa orang itu sungguh telah melihat yang sebenarnya (hakekat) baik dalam sifat yang sudah dikenalnya ataupun selainnya, seperti yang disebutkan oleh al Maziri. (Shahih Muslim bi Syarhin Nawawi juz XV hal 36 – 37)
Al Qodhi said that it is possible that the Prophet's saying "he has seen me" or "indeed he has seen the truth because the devil can not resemble my appearance" means that if the person sees it by his nature which has been known during his life saw. But if the person sees in the opposite form then his dream is ta'wil (which still needs to be examined) not a true (real) dream, and what al-Qodhi says - according to Nawawi - is weak. But the truth is that the person has indeed seen the real (essence) both in familiarity and in others, as mentioned by al Maziri. (Shahih Muslim bi Syarhin Nawawi juz XV p. 36 - 37)
Adapun berbagai peristiwa dan pengalaman yang anda alami setelahnya tidaklah bisa dipastikan bahwa itu adalah implikasi dari mimpi tersebut. Namun bisa saja mimpi itu semakin menguatkan keimanan anda kepada Allah dan Rasul-Nya atau meningkatkan kualitas ibadah anda sehingga memunculkan berbagai sikap terpuji didalam diri anda, seperti : perasaan empati kepada sesama kaum muslimin yang lemah, keinginan yang kuat untuk berjihad di jalan Allah, gemar membaca dan mendengarkan Al Qur’an atau sifat-sifat terpuji lainnya. Dan semoga itu semua adalah pancaran dan cahaya keimanan yang ada didalam hati anda yang mewarnai prilaku dan sikap anda, sebagaimana sabda Rasulullah,”Barangsiapa yang tidak memperhatikan urusan kaum muslimin maka orang itu tidaklah termasuk golongan mereka (kaum muslimin).” (HR. Thabrani)
As for the events and experiences you experience afterwards it is not certain that it is the implications of the dream. But it may be that the dream will strengthen your faith in Allah and His Messenger or improve the quality of your worship so as to bring up a variety of praises within you, such as: feelings of empathy to weak fellow Muslims, a strong desire for jihad in the way of Allah, reading and listening to the Qur'an or other commendable attributes. And hopefully it's all the radiance and light of faith that is in your heart that color your attitude and attitude, as the Prophet said, "Whoever does not pay attention to the affairs of the Muslims then that person is not among their group (the Muslims)." (HR Thabrani )


BERIKUT TAFSIR / MAKNA / ARTI MIMPI NABI MENURUT PRIMBON BAG-II

Mimpi bertemu dengan nabi Adam AS
Dream met the prophet Adam AS
Akan mendapat kemuliaan di dunia dan akhirat dan segala doa akan dikabulkan.
Will be glorified in the world and the hereafter and all prayers will be granted.

Mimpi melihat nabi-nabi lain, selain Nabi Muhammad
The dream of seeing other prophets, besides the Prophet Muhammad
Kehidupan Anda akan menjadi sejahtera dan banyak rejeki. Kondisi negeri atau tempat Anda berada akan menjdai damai dan makmur, serta lancar perdagangan.
Your life will be prosperous and much lucky. The condition of the country or place you are in will be peaceful and prosperous, as well as smooth trade.

Mimpi melihat Nabi Muhammad SAW berada di depan rumah seseorang yang Anda kenal
The dream of seeing Prophet Muhammad SAW is in front of the house of someone you know
Orang tersebut akan mendapatkan kehancuran atau nasib buruk.
The person will get destruction or bad luck.

Mimpi melihat Nabi Muhammad SAW sedang berjalan-jalan
The dream of seeing Prophet Muhammad SAW was walking
Anda diharapkan untuk berjuang di jalan Allah atau untuk meningkatkan amal ibadah Anda.
You are expected to struggle in the way of Allah or to increase the charity of your worship.

Mimpi melihat Nabi Muhammad SAW sedang makan atau minum
The dream of seeing Prophet Muhammad SAW was eating or drinking
Anda diperintahkan untuk memperhatikan perilaku selama ini dimana mungkin Anda kikir terhadap harta benda atau enggan berzakat atau bersedekah.
You are instructed to pay attention to the behavior during which you may be miserable of property or reluctant to pay zakat or charity.


Mimpi melihat Nabi Muhammad SAW sedang menunaikan ibadah haji
The dream of seeing the Prophet Muhammad SAW is performing the pilgrimage
Anda merupakan orang yang taat kepada Tuhan. Jika selama ini belum rajin beribadah, maka dalam waktu dekat Anda akan memiliki keinginan untuk bertaubat.
You are a person who obeys God. If so far not been diligent in worship, then in the near future you will have the desire to repent.

Mimpi melihat Nabi Muhammad SAW berpakaian bagus dan indah
The dream of seeing the Prophet Muhammad SAW dressed nice and beautiful
Anda akan mendapatkan kebaikan dan terbuka hati Anda sehingga mempunyai keinginan yang kuat untuk beribadah kepada Tuhan.
You will gain your kindness and open hearts so that you have a strong desire to worship God.

Mimpi melihat Nabi Muhammad SAW sedang mengenakan suatu pakaian atau cincin atau benda-benda lain
The dream of seeing the Prophet Muhammad was wearing a garment or a ring or other objects
Anda akan mendapatkan keluhuran dan kemuliaan di mata manusia. Anda akan disegani dan mendapatkan keberuntungan yang besar.
You will gain nobility and glory in the eyes of man. You will be respected and earn great luck.

Mimpi melihat Nabi Muhammad SAW sedang dirundung malang atau berwajah murah
The dream of seeing the Prophet Muhammad is being harassed or cheap-faced
Anda sedang memiliki masalah. Misalnya masalah karir, masalah keluarga, atau rejeki yang sedang sempit. Namun tidak lama lagi semuanya akan berakhir karena akan ada solusi yang tidak disangka-sangka.
You are having a problem. For example career problems, family problems, or fortune that is narrow. But soon everything will end because there will be an unexpected solution.

Mimpi bertemu dengan sahabat nabi (Abu Bakar, Uman bin Khatab, Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib)
Dreams meet the companions of the prophet (Abu Bakr, Uman ibn Khatab, Usman ibn Affan, and Ali bin Abi Talib)
Akan menjadi orang pintar (ulama atau ilmuwan).
Will be a clever person (scholar or scientist).


Mimpi Nabi tersenyum menghadap kita
The dream of the Prophet smiled facing us
Mimpi ini adalah mubassirot,kabar gembira dan nikmat dari Alloh yang wajib kita sukuri
This dream is mubassirot, good news and favors from Allah that we are obliged to be grateful

Mimpi Wajah Nabi terhalangi
The dream of the Prophet's face was blocked
Maka itu insa' Alloh menpunyai tafsir bahwa masih ada sifat buruk atau dosa dalam hati kita yang mengahalangi kita untuk menggapai keridhoan Nabi Muhamad atau menjalani Apa yang disariatkan Alloh melaluhi Beliau, atau terkadang bisa bermakna kita suatu saat diakhirat kita akan bertemu beliau,namun kita masih hidup dialam dunia maka sesuatu yang menghalangi itu adalah hidup didunia kita ini
Thus it is the insa'Alloh menpunyai interpretation that there is still bad traits or sin in our hearts that prevent us to reach the solemnity of the Prophet Muhammad or live What is Allah's promise melaluhi He, or sometimes can mean us sometime in the hereafter we will meet him, but we still live in the world then something that hinders it is life in this world we are

Mimpi Nabi berpaling dari kita
The dream of the Prophet turned away from us
maka insa' alloh itu mempunyai tafsir kita belum melaksakan ajaran Beliau dengan benar bahkan kita sendiri salah arah dari sariat yang ditetapkan Alloh lewat beliau,,
then the insa 'alloh it has tafsir we have not implemented his teachings correctly even we ourselves are misguided from the sariah set by Allah through,

Mimpi Nabi berwajah Marah
The angry-looking vision of the Prophet
menandakan bahwa apa yang kita lakukan sangat melenceng dan menodai ajaran sariat Alloh yang dibawa Nabi Muhamad,Atau saat itu melalukan satu perbuatan yang membuat marah Nabi Muhamad saw
indicates that what we do is very distorted and tarnished the teachings of the alloh that the Prophet Muhammad brought, Or when it melalukan one act that makes angry Prophet Muhammad

Mimpi Melihat sebagian tubuh Nabi
Dreams See some of the body of the Prophet
insa' alloh kita dalam melaksanakan atau ketaatan kita pada sunah atau sariat Nabi Muhamad masih sebagian saja
insa 'alloh us in carrying out or our obedience to the sunna or the Prophet Muhammad's shrine is still partial


Mimpi Bersalaman dengan Nabi
Dream Shake with the Prophet
Insa'alloh kita akan diberi kekuasaan,kekuatan, keilmuan untuk melaksanakan dan mendakwahkan apa yang telah diajar Nabi Muhamad melaluhi sariat agama Islam
Insa'alloh we will be given the power, the power, the scholarship to carry out and preach what has been taught Prophet Muhammad melaluhi Islamic sariat

Mimpi Mencium bau wangi Nabi
Dreams Smell the scent of the Prophet
Maka insa'alloh kita akan diberi popularitas atau keterkenal dikalangan manusia
So insa'alloh we will be given popularity or terkkian among humans

Mimpi Makmum sholat Nabi
Dream Makmum prayer of the Prophet
insa'alloh kita akan diberi kemampuan mengikuti sunat Nabi Muhamad,tergantung Anda dibarisan yang mana,,semakin barisan depan maka semakin baiklah posisi kita
insa'alloh we will be given the ability to follow the circumcision of the Prophet Muhammad, depending on where you are in line ,, the more vanguard then the better our position

Memeluk Nabi Muhamad
Embracing the Prophet Mohammed
Memeluk Nabi Muhamad dalam mimpi adalah suatu nikmat yang amat besar yang harus kita sukuri karena kita akan dianugrahi Ilmu lahir maupun batin yang bersumber dari Ajaran sariat Nabi dan bisa mengamalkan dan merasakan dalam rasa hati kita dan kita diakhirat Nanti bisa bertemu beliau,,Sukuri dan simpan sebagai rahasia kita dan Nabi,jangan katakan kecuali pada 1 orang Alim yang baik dan tidak mudah iri dengki,,.Dan masih banyak tafsir-tafsir lainya tergantung tingkah kita dan tingkah Nabi saat dalam mimpi,
Embracing the Prophet Mohammed in a dream is a tremendous blessing that we must be grateful for we will be granted the Science of birth and the mind that comes from the Teachings of the Prophet and can practice and feel in our hearts and we in the Hereafter Later can meet him ,, Sukuri and save as our secret and the Prophet, do not say except to one good Alim and not easily envious jealousy ,, and many other interpretations depend on our behavior and the Prophet's behavior when in a dream,


CATATAN / NOTE
Sebahagian dari mimpi yang kita alami mungkin adalah mainan tidur (gangguan syaitan). Bergantung kepada waktu kita tidur dan kebiasaanya mimpi yang benar selalu berlaku apabila keadaan kita tidur dengan nyenyak terutama 1 jam selepas lena tidur sehingga sebelum waktu subuh. Setiap perkara yang berlaku, berserahlah kepada Qada dan Qadar kerana Allah SWT lah yang maha mengetahui.
Some of our dreams may be sleeping toys (satanic disorders). Depending on the time we sleep and the habit of true dreams is always true if we sleep soundly, especially 1 hour after the surrender of sleep so before dawn. Every applicable matter, surrender to Qada and Qadar for Allah Almighty is the all-knowing.

ARTIKEL PILIHAN PEMBACA :
Memuat...

Demikian pembahasan tentang ↪MIMPI NABI (Menurut Primbon) BAG-II. Semoga saja dapat menjawab rasa penasaran Anda. Tak lupa kami ucapkan terima kasih untuk Anda semuanya yang mau menyempatkan waktu mampir di situs Firasat Mimpi. Salam hangat dari kami dan sampai ketemu di artikel selanjutnya.

Post a Comment for "↪MIMPI NABI (Menurut Primbon) BAG-II"