Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

➧MIMPI KURMA (Menurut Tafsir Islam)

Firasat Mimpi - Mimpi yang dianggap sebagai kembang tidur ternyata mempunyai beragam tafsir dan arti lho sobat. Percaya atau tidak, itu tergantung dari penilaian orang dan pribadi diri kita sendiri yakni orang yang mengalami mimpi tersebut.
Arti mimpi itu sendiri juga berbagai macam. Apa yang kita alami saat mimpi ternyata mempunyai arti-arti tersendiri yang menyimpan misteri. Kembali lagi pada diri kita untuk percaya atau tidak
Dreams are considered as a sleeping flower turned out to have a variety of tafseer and meaning lho buddy. Believe it or not, it depends on the judgment of the person and the person we are, the person experiencing the dream.
The meaning of the dream itself is also various. What we experience when the dream turns out to have its own meaning that holds the mystery. Back again to us to believe it or not
Mimpi sudah lama dipercaya membawa pesan-pesan mistis yang sanggup memberi haluan besar kepada manusia. Mimpi baik, mimpi buruk hanyalah satu dari triliunan takwil, tafsir, personifikasi makna arti dan refleksi dari realitas. Secara psikologi dan spiritual mimpi berguna untuk menautkan masa silam, hari ini dan esok nanti. Sebab, ketika seseorang bermimpi, sewaktu-waktu sukmanya dapat pergi dan putus dari raga. Tuhan tidak mungkin mentransplantasikan sesuatu yang mubazir dan sia-sia termasuk menciptakan mimpi.
Dreams have long been believed to bring mystical messages capable of giving man great direction. A good dream, a nightmare is only one of trillions of takwil, interpretation, personification of meaning and reflection of reality. Psychologically and spiritually useful dreams to link the past, today and tomorrow. Because, when a person dreams, at any time sukmanya can go and break from the body. God can not transplant anything wasteful and futile including creating dreams.
Sebagai suara nubuwwah di masa depan, mimpi terkadang mengarahkan jalan sejarah suatu bangsa. Mimpi termasuk wilayah pengalaman pribadi, ia merupakan fenomena universal dan memainkan peranan penting dalam pembentukan kebudayaan manusia. Hampir dapat dipastikan, semua orang pernah bermimpi. Sepanjang catatan sejarah manusia, mimpi dan penafsirannya telah mengilhami orang-orang suci dan para nabi, penyair serta raja-raja, maupun para filosof. Namun tidak semua mimpi adalah benar dan otentik.
As a nubuwwah voice in the future, dreams sometimes direct the course of a nation's history. Dreams include areas of personal experience, it is a universal phenomenon and plays an important role in the formation of human culture. Almost certainly, everyone ever dreamed. Throughout the records of human history, his dreams and interpretations have inspired the saints and prophets, poets and kings, as well as philosophers. But not all dreams are true and authentic.


BERIKUT TAFSIR / MAKNA / ARTI MIMPI KURMA MENURUT TAFSIR ISLAM

Pada dasarnya, dalam kaidah umum ilmu takwil, mimpi memakan makanan yang manis-manis menunjukkan kehidupan yang baik, keselamatan dari bahaya serta akan memperoleh kebahagiaan dan kesenangan. 
Basically, in the general rules of the science of takwil, the dream of eating sweet foods shows a good life, safety from harm and will gain happiness and pleasure.
Manna dan salwa [Makanan yang turun dari langit untuk umat Nabi Musa as. Manna adalah manisan, sedangkan salwa berarti burung puyuh.] berarti akan mendapatkan rezeki yang tidak diberikan oleh satu makhluk pun, tapi langsung dari Allah SWT. Sebagaimana firman Allah SWT,
"... dan kami turunkan ke-padamu "manna " dan "salwa ". Makanlah dari makanan yang baik-baikyang telah Kami berikan kepadamu ...." (QS. al-Baqarah: 57)
Manna and salwa [Food that descends from heaven for the people of Prophet Musa as. Manna is sweets, while salwa means quail.] Means will get sustenance that is not given by one creature, but directly from Allah SWT. As the word of Allah SWT,
"... and we sent down to you" manna "and" salwa. "Eat from the good food that We have given you ..." (Surat al-Baqarah: 57)
Diriwayatkan bahwa Ibnu Umar bermimpi seolah-olah memakan buah kurma. Lalu ia menceritakan mimpinya itu pada Rasulullah saw, maka Beliau bersabda, "Itu berarti manisnya iman."
Narrated that Ibn Umar dreamed as if eating dates. Then he told his dream to the Messenger of Allah, he said, "That means the sweetness of faith."
Mimpi tentang kurma itu banyak macamnya.
Dreams about dates are many kinds.
Siapa yang bermimpi melihat dan memakan kurma dalam hujan berarti rezeki yang akan mengalir kepadanya setahun penuh. Mimpi ini juga berarti bacaan Al-Qur'an. Kurma juga berarti harta yang disimpan sebagai tabungan.
Who dreams of seeing and eating dates in the rain means the sustenance that will flow to him for the full year. This dream also means reading the Qur'an. Dates also mean the treasures stored as savings.
Bermimpi memakan kurma rusak berarti orang-orang kafir zimmy. Sedangkan memakan kurma bagus berarti akan mendengar perkataan baik yang bermanfaat.
Dreaming of eating broken dates means zimmy kafirs. While eating a good date means to hear good words that are useful.
Siapa yang bermimpi menanam kurma berarti ia akan menyimpan harta atau akan mendapat simpanan.
Who dreams of planting dates means he will keep the treasure or will get a deposit.


Siapa yang bermimpi membelah kurma dan memisahkannya dari bijinya berarti ia akan mendapat anak
sebagaimana firman Allah SWT,
"Sesungguhnya Allah SWTmenum-buhkan butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah-buahan ...." (QS. al-An'am: 95)
Who dreams of splitting the dates and separating them from their seeds means that they will have children
As the word of Allah SWT,
"Verily Allah has blessed the grains of the herbs and the seeds of the fruits ...." (Surat al-An'am: 95)
Bermimpi memakan dua butir kurma berarti akan menjatuhkan talaq kepada istrinya dengan diam-diam.
Dreaming of eating two dates means to drop the talaq to his wife in secret.
Menaburkan kurma di pekarangan dalam mimpi berarti akan melakukan perjalanan jauh.
Sowing dates in the yard in a dream means going on a long journey.
Bermimpi menimbang kurma berarti harta rampasan perang.
Dreaming of weighing dates means spoils of war.
Mimpi memetik kurma dari putiknya berarti akan menikah dengan seorang
The dream of picking dates from his pistil means getting married to a man
Mimpi memetik kurma dari putiknya berarti akan menikah dengan seorang wanita mulia yang kaya dan membawa berkah. Dan diartikan juga dengan perolehan harta tanpa susah payah dari suatu kaum yang terpandang atau harta pemberian untuknya; juga berarti ilmu bermanfaat yang diamalkannya; jika mengambil kurma tidak pada musimnya berarti ia mendapatkan suatu ilmu dan tidak mengamalkannya.
The dream of picking dates from her pistil means getting married to a rich, noble lady with a blessing. And also be interpreted by the acquisition of the treasures of a respected peoples or the treasures of granting him; Also means the beneficial science he or she practices; If taking dates is not in season it means he gets a science and does not practice it.
Bermimpi memetik tandan kurma hitam berarti istrinya akan melahirkan anak yang berkulit hitam.
Dreaming of picking a black date bunch means his wife will give birth to a black child.
Bermimpi memetik kurma basah dari pohon yang kering berarti akan belajar suatu ilmu yang bermanfaat baginya dari seorang laki-laki fasik, dan jika yang bermimpi adalah seseorang yang bersedih berarti ia akan mendapatkan kebahagiaan.
Dreaming of picking a wet date from a dry tree would mean learning a science that is beneficial to him from a wicked man, and if a dreamer is a sad person means he will get happiness.
Sebagaimana firman Allah SWT dalam kisah Maryam,
"Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu ...." (QS. Mary am: 25)
As the word of Allah (SWT) in the story of Maryam,
"And shake the base of the palm tree toward you ...." (Surah Mary am: 25)


Mimpi melihat kurma yang ditaburkan melambangkan beberapa dirham (uang –pen) yang tidak akan kekal.
The dream of seeing the sown dates symbolizes some dirhams (pennies) that will not last forever.
Bermimpi memetik kurma melambangkan akan mendapatkan harta dari seseorang yang memiliki kekuasaan yang berbahaya.
Dreaming of picking dates represents the treasure of someone with dangerous power.
Diriwayatkan bahwa seseorang menemui Ibnu Sirin dan menceritakan mimpinya,
"Aku bermimpi melihat empat puluh butir kurma."
Ibnu Sirin menjawab,
"Engkau akan memukulkan empat puluh tongkat."
Tidak berapa lama kemudian, laki-laki itu bermimpi melihat empat puluh butir kurma di pintu kerajaan. Ibnu Sirin berkata, "Engkau akan mendapat empat puluh ribu dirham."
Laki-laki itu bertanya,
"Mengapa antara mimpiku yang pertama berbeda artinya dengan mimpi yang kedua?"
Jawab Ibnu Sirin,
"Karena ketika engkau menceritakan mimpimu yang pertama pepohonannya dalam keadaan kering, dan aku mengartikannya dengan masa setahun. Sekarang engkau datang dengan menceritakan mimpi yang sama dimana pepo­honannya sudah dialiri air."
Demikianlah dua mimpi dalam dua keadaan yang berbeda yang ditakwilkan Ibnu Sirin.
It is narrated that someone met Ibn Sirin and told his dream,
"I dreamed of seeing forty dates."
Ibn Sirin replied,
"Thou shalt beat forty rods."
Not long afterwards, the man dreamed of seeing forty dates on the door of the kingdom. Ibn Sirin said, "You will get forty thousand dirhams."
The man asked,
"Why is my first dream different from that of a second dream?"
Answer Ibn Sirin,
"Because when you tell your first dream of the trees in a dry state, and I interpret them for a year, now you come by telling me the same dream where the trees have been flooded with water."
Thus are two dreams in two different circumstances that Ibnu Sirin denies.


Rasulullah saw bersabda,
"Aku bermimpi seseorang mendatangiku dan menyuruhku untuk menelan sebutir kurma, temyata ia sebuah biji, lalu aku membuangnya. Kemudian ia menyuruhku menelannya untuk ke­dua kalinya, ternyata ia sebuah biji, kemudian aku membuangnya. Pada kali yang ketiga ia kembali menyuruhku untuk menelan­nya, ternyata ia sebuah biji, lalu aku pun membuangnya."
The Messenger of Allah said,
"I dreamed that someone came up to me and told me to swallow a date, it was a seed, then I threw it away, and then he told me to swallow it a second time, it turned out to be a seed, then I threw it away, and the third time he told me to swallow it, A seed, then I throw it away. "
Abu Bakar berkata,
"Izinkan aku mengartikan mimpi engkau itu, wahai Rasulullah."
Jawab Rasulullah,
"Artikanlah!"
Abu Bakr said,
"Allow me to interpret your dream, O Messenger of Allah."
Answer Rasulullah,
"Mean it!"
Kata Abu Bakar,
"Engkau akan mengutus suatu pasukan, lalu mereka mendapatkan harta rampasan perang, mereka menyerahkan harta itu, dan mendapatkan seorang laki-laki, lalu ia meminta perlindungan engkau, maka mereka pun melepaskannya, kemudian engkau kembali mengutus suatu pasukan ekspedisi."
Abu Bakar mengulangnya sampai tigakali. Rasulullah bersabda,
"Memang betul demikian yang dikatakan malaikat."
Anas bin Malik bermimpi melihat Ibnu Umar seolah-olah memakan yang belum masak. Lalu ia menulis surat kepada Ibnu Umar dan berkata,
"Aku melihat engkau memakan buah kurma yang belum masak. Itu artinya adalah manisnya iman."
Abu Bakr said,
"You will send an army, and they will get the spoils of war; they will give up the treasure, and find a man, and he asks for your protection, so they let him go, and then you send an expeditionary army."
Abu Bakr repeated it till three times. Rasulullah said,
"That's exactly what angels say."
Anas bin Malik dreamed of seeing Ibn Umar as if eating unripe. Then he wrote a letter to Ibn Umar and said,
"I saw you eating uncooked dates, which means the sweetness of faith."


Seorang laki-laki t3lanj4n9 bermimpi beberapa keranjang kurma muda dari perut babi-babi, lalu membawanya pulang ke rumahnya. Ia menanyakan arti mimpinya itu kepada ahli takwil. Dikatakan padanya bahwa ia akan mendapatkan harta dari kaum kafir. Ketika pasukan Romawi mengalami kekalahan dan Muslimin mendapat kemenangan, laki-laki yang bermimpi itu mendapatkan sebagaimana tafsir mimpi yang dikatakan kepadanya.
A naked man dreams of a basket of young dates from the belly of the pigs, then takes him home. He asks the meaning of his dream to the tiller. It is said to him that he will get the treasures of the infidels. When the Roman army suffered defeat and the Muslims got the victory, the dreaming man gained as the dream interpretation was told to him.
Ibnu Sirin ditanya tentang seorang perempuan bermimpi menghisap sebutir kurma lalu memberikannya kepada tetangganya. Kata Ibnu Sirin,
"Wanita itu ikut serta dengannya dalam berbuat baik."
Ibn Sirin was asked about a woman dreaming of sipping a date and giving it to her neighbor. Said Ibn Sirin,
"She came with him in doing good."
Lalu wanita itu menyucikan pakaiannya.
Then she washed her clothes.
Seorang laki-laki mendatangi Ibnu Sirin dan berkata,
" Aku bermimpi seolah-olah aku memegang tempat air dari kulit yang di dalamnya ada kurma. Aku membenamkan kepala dan mukaku seraya memakannya, dan aku berkata betapa asam rasanya."
Jawab Ibnu Sirin,
"Engkau adalah orang yang mencampurkan harta usahamu antara yang baik dengan yang buruk tanpa memperdulikan apakah dia halal atau haram, meskipun sebenarnya engkau mengetahui bahwa harta itu haram."
A man came to Ibn Sirin and said,
"I dreamed as if I was holding a waterhole of the skin in which there was a date, I buried my head and my face while eating it, and I said how sour it tasted."
Answer Ibn Sirin,
"You are a person who mixes your treasures between good and evil regardless of whether he is lawful or haram, even though you know that the treasure is forbidden."
Demikian pula ketika seorang wanita bermimpi memakan kurma dengan dua tetes air, ternyata ia mengambil harta warisan suaminya, sedangkan ia sudah diceraikan.
Similarly, when a woman dreams of eating dates with two drops of water, it turns out she took her husband's inheritance, while he was divorced.


CATATAN / NOTE
Sebahagian dari mimpi yang kita alami mungkin adalah mainan tidur (gangguan syaitan). Bergantung kepada waktu kita tidur dan kebiasaanya mimpi yang benar selalu berlaku apabila keadaan kita tidur dengan nyenyak terutama 1 jam selepas lena tidur sehingga sebelum waktu subuh. Setiap perkara yang berlaku, berserahlah kepada Qada dan Qadar kerana Allah SWT lah yang maha mengetahui.
Some of our dreams may be sleeping toys (satanic disorders). Depending on the time we sleep and the habit of true dreams is always true if we sleep soundly, especially 1 hour after the surrender of sleep so before dawn. Every applicable matter, surrender to Qada and Qadar for Allah Almighty is the all-knowing.

ARTIKEL PILIHAN PEMBACA :
Memuat...

Demikian pembahasan tentang ➧MIMPI KURMA (Menurut Tafsir Islam). Semoga saja dapat menjawab rasa penasaran Anda. Tak lupa kami ucapkan terima kasih untuk Anda semuanya yang mau menyempatkan waktu mampir di situs Firasat Mimpi. Salam hangat dari kami dan sampai ketemu di artikel selanjutnya.

Post a Comment for "➧MIMPI KURMA (Menurut Tafsir Islam)"